Negeri Cina Menjadi Inspirasi

Tulisan saya ini tentang negeri Cina menjadi inspirasi adalah pengalaman saya pertama kali berkunjung ke negara cina pada bulan november 2011 dengan tujuan Profinsi Guangzhou tepatnya acara Canton Fair tujuan acara ini di selengarakan karna untuk mempamerkan produk industri Cina yang pada saat itu dengan kategori barang textile dan stasioneri atau peralatan kantor.

Cukup lama ditempuh penerbangan dari Indonesia tepatnya Jakarta saya tinggal dengan tujuan China Guangzhou kurang lebih 6 jam perjalanan pesawat yang saya lakukan, bukan masalah waktunya tapi nggak bisa ngebul asap rokok (asem mulut ku) hehe. Enam jam perjalanan  tiba juga di bandara internasional Guangzhou informasi yang saya dengar provinsi ini terbesar ke 5 dari kota-kota lain di China sanggat mewah bandaranya dan nggak lama loding atau pengambilan koper bagasinya, sesudah saya mengambil barang bawaan saya langsung ke lokasi hotel dengan taksi kejadian ini cukup membuat saya sedikit kawatir campur dengan rasa lucu, karna saya tidak berbekal bahasa mandari sedikitpun dan supir taksi pun tidak mengerti bahasa Inggris sama sekali loh, dengan tanpa memikir banyak segera saya menelfon temen saya yang berada di Cina tepatnya di daerah Bejing hal ini saya lakukan agar dia memberikan arah hotel yang saya tuju, jadi supir taksi ini bener-bener ngk bisa bahasa luar bgt loh bahkan hotel saya yang namanya terpampang di depan hotel dengan tulisan kita saja dia tidak bisa membaca, tepatnya hotel Padma saya menginap (sungguh terlalu) dan membuat saya binggung, tapi akhirnya sampe juga hotel dan beristirahat sejenak melepas kelelahan dalam perjalan.

Malam harinya saya memberanikan diri dengan teman saya berjalan mengelilingi pertokoan tepatnya sekitar jam 9 malam sambil melihat gedung-gedung dan keramaian kota Guangzhou ini, kota ini dikelilingi Zhujiang yang menjadi salah satu sumber daya alam kota ini dan juga sungai ini di manfaatkan sebagai alat transpotasi dan dipinggir sungai ini sebuat jalan untuk masyarakat sekitar berjalan dengan ditambahkan taman-taman kecil yang biasanya di gunakan untuk berolah raga ketika pagi hari.

Hari berikutnya pagi hari jam 6 saya bersiap-siap untuk mengunjungi Canton Fair untuk melihat produk peralatan dan furniture kantor yang barang kali cocok untuk saya jual di Indonesia jam 8 pas saya tiba di lokasi Canton Fair SANGGAT MENGESANKAN sambil saya membuang nafas bukan hanya tempatnya yang sanggat luas tapi yang paling membuat saya terkesan adalah saya yakin hampir semua orang dari setiap negara pasti ada disini dari Amerika, Timur Tenggah, Eropa, Australia, Afrika, dan juga pastinya Asia sungguh China bisa saya juluki Icon Produk Dunia karna banyak sekali orang asing disana, dan bahkan acara ini dibuat untuk orang-orang diluar orang cina sendiri KHUSUS. Dan lucunya banyak sekali orang Indonesia yang saya lihat bahkan berbincang dengan mereka ada yang ATK dari pasar pagi, pengusaha garmen, pengusaha tekstil dari tanah abang keramatjati, dll.

Hasil saya dapat dari Cina ini bukan produk murah yang dapat saya jual di Indonesia tetapi kegigihan dari masyarakat cina yang berkerja keras dibantu dengan kependudukan bahkan wilayah yang luas dan memikirkan perekonomiannya besar untuk masa depan, di bantu dengan pemerintahannya yang tidak korup bahkan berlaku hukum gantung bagi pemerintah yang korupsi.