Ayam Betutu di Bali

Masakan Bali tak hanya berbahan babi saja. Ada pula masakan yang berbahan ayam. Dan kalo bicara ayam betutu kita tidak bisa lepas dari warung atas ayam betutu Men Tempeh.
Soalnya,disanalah kita dapat merasakan ayam betutu yang rasanya paling menohok.
Kalau kita dari pulau Jawa menuju pulau bali dengan perjalanan darat,jangan lupa singgah sejenak di Gili,amuk untuk menyantap ayam betutu.
Masakan ini berupa potongan ayam kampung yang dilumuri bumbu sambal pedas. Rasa pedas memang menjadi ciri khas utama dari ayam betutu.
Karena itu,menikmati ayam betutu adalah menikmati rasa pedas itu sendiri. Rasa pedas ini berasal dari tiga bumbu utama yaitu, cabai merah dan rawit, daun serai, serta bawang merah. Bumbu dilengkapi lagidengan jahe,biji pala,dan lain-lain. Seperti pada masakan bali umumnya, semua bumbu tersebut dicacah( dirajang) proses peracikannya bukan diulek.
Agar meresap kedalam daging ayam,bumbu tersebut dimasukkan kedalam rongga perut ayam.Lalu dengan lumuran bumbu inilah,ayam dikukus bukan direbus. Potongan ayam ini kemudian direndam lagi dengan siraman kuah kaldu ayam. Maka rasa pedas pun bercampur dengan lembutnya ayam dan gurhnya kaldu.

Ada pilihan ayam betutu,kering tanpa kuah dan betutu basah dengan kuah berlimpah. Kita bisa memesan satu ekor ataupun setengah ekor ayam.

satu ekor ayam cukup dinikmati untuk sekitar empat orang dengan satu bakul nasi putih hangat. Sebagai pelengkap,masakan ini disajikan bersama kacang goreng,sambal matah (mentah0dan sambal goreng,serta sayuran gonde ( bahasa Bali,mirip daun sawi).

Kacang goreng krius-krius bisa jadi pengobat pedasnya ayam betutu. Dimana tepatnya kita dapat merasakan ayam betutu yang mantap dan original?

Jawabnya ya ada diterminal lama Gilimanuk. Tapi jangan keliru. Ada sekitar emppat warung dengan nama yang sama dan masakan sama diterminal yang berada diGilimanuk ,kecamatan Melaya, kabupaten¬† Jembrana ini. Warung-warung itu menjdaikan ayam betutu itu sebagai masakan satu-satunya. dipapan nama warung semua tertulis Warung Ayam Betutu Men Tempeh lengkap dengan satu kata tambahan “Asli”.

Namun, sebteulnya hanya ada satu warung yang betul-betul asli,yakni warung yang beranjak sekitar 100meter dari Pelabuhan Penyebangan Gilimanuk_Ketapang.

warung men tempeh ini didirikan oleh Ni Wayan Tempeh dan suaminya I Nyoman Suratna Tempeh pada tahun 1976. Pasangan suami istri dari Kabupaten Bangli dan Gianyar inilah pelopor warung ayam betutu. Tak hanya diGilimanuk tapi juga ditempat lain termasuk di denpasar. sebagai pelopor,tentu saja Warung ayam Betutu Men Tempeh menjadi semacam legenda. Karena itu banyak warung lain yang menggunakan “Men Tempeh” dan cap”Alsli” untuk jualannya. Padahal Men Tempeh sendiri tidak membuka cabang ditempat lain. Warung lain tersebut biasanya didirikan mantan karyawannya diWarung men Tempeh.

Ciri-ciri warung Men Tempeh yang asli adalah adanya anak tangga berundak menuju warung dari terminal. Jika kita tidak bingung dengan arah mata angin,warung ini berada disisi timur terminal lama. Ada papan nama Warung Ayam Betutu Men Tempeh dengan tulisan keil “Tidak membuka cabang”.

Warung ini menyediakan meja panjang dari batu bata yang menyatu dengan lantai berkursi plastik. Satu meja cukup untuk delapan orang. Ada pula bale bengong jika ingin lesehan.

Untuk mencapai lokasi ini dari Denpasarperlu waktu sekitar tiga jam menggunakan kendaraan pribadi atau empat jam dengan kendaraan umum. namun waktu yang ditempuh cukup lama dan jaraknya cukup jauh sekitar 150km, tak terlalu jadi masalah bagi kita. Buktinya akhir September lalu,sebagian besar tamu warung ini adalah penikmat kuliner dari Denpasar Warung berkapasitas 100 orang itu terlihat penuh. malah sebagian pembeli harus berdiri antri atau malah pergi karena tidak ada tempat duduk. Mereka memburu satu masakan di warung ini yaitu ayam betutu.

Untuk satu ekor ayam betutu plus satu bakul nasi,kita membayar Rp.60.000,-. kalau hanya setengah ekor ya tinggal membayar separuhnya saja. Selain makan dilokasi,warung ini juga menyediakan masakan untuk dibawa pualang. tak sedikit kita yang menjadikan ayam betutu ini sebagai oleh-oleh sepulang dari Gilimanuk. Masakan yang dibungkus wadah anyaman bambu ini bisa jadi cindera perut seusai menyantap pedasnya ayam betutu.

 

WARUNG AYAM BETUTU MEN TEMPEH

Kompleks Terminal lama Gilimanuk Desa Gilimanuk,

Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana.

Telp. 08283726239-085238507435

Buka tiap hari pukul 08.00-19.00 WITA

Tutup: hari raya Nyepi,Galungan ,Kuningan.

 

AYAM BETUTU GILIMANUK

Jln. Raya Tuban No. 20,Tuban Badung

Telp. 0361-757535

Jln. Buluh Indah No.88 Renon,Denpasar

buka tiap hari,pukul 10.00-22.30 WITA

Tutup hari raya.

 

 

Leave a Reply

Text Widget

Aliquam ut tellus ligula. Nam blandit massa nec neque rutrum a euismod t ellus ultricies! Phasellus nulla tellus, fringilla quis tristique ornare, condi mentum non erat. Aliquam congue or nare varius.